Seputar Berita : Religius || Sports || Travel || Automotif || Animals

Thursday, May 11, 2023

5 Cara Memasak Sayuran Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga

Ilustrasi Sayuran. Foto: Freepik.com

Setiap orang memerlukan kebetuhan gizi yang cukup untuk tubuh. Oleh karena itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi memiliki sumber gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti sayur dan buah. Mengonsumsi sayur dan buah juga sangat memberikan banyak manfaat, salah satunya kepada kesehatan tubuh.

Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, fosfor, dan asam folat yang dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah. Selain itu, buah dan sayuran memiliki kandungan yang rendah akan lemak, garam, dan gula. 

Sayuran merupakan sumber serat makanan yang dapat membuat kamu kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dilansir eatingwell.com, terdapat beberapa Faktor penyebab sayuran itu penting bagi kesehatan:

Mengurangi Peradangan

Sayuran yang memiliki kandungan kaya antioksidan dan fitokimia dapat mengurangi peradangan kronis. 

Tekanan darah

Sayuran menghasilkan potasium dan serat yang dapat membantu kesehatan jantung.

Memiliki kandungan serat yang tinggi

Sayuran
Ilustrasi Sayuran. Foro: Pexels.com

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membuat tubuh mendapatkan nutrisi cukup. Serat memberikan manfaat yang bagus untuk jantung dan usus serta mengurangi risiko diabetes. Selain itu, serat juga dapat membuat kamu merasa lebih kenyang. 

Bermanfaat bagi mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan dua karotenoid dapat mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan melindungi mata. 

Melindungi kulit 

Beberapa sayuran seperti tomat menghasilkan lycopene yang dapat melindungi kulit darti sinar matahari. Selain itu, mentimun dan seledri juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan bercahaya.

Mengurangi risiko kanker

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang dimiliki sayuran dapat mengurangi risiko kanker. Sayuran seperti kubis Brussel dan kembang kol memberikan potasium, folat, vitamin C dan fitokimia, serta sulforaphane yang dapat melindungi sel tubuh dari karsinogen. 

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin C dalam sayuran dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. 

Cara Memasak Sayuran Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga

Cara Memasak Sayuran Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga
Ilustrasi Memasak. Foto: Shutterstock.com

Dilansir ndtv.com, berikut beberapa cara memasak sayuran dengan nutrisi yang terjaga:

  1. Memilih metode pemotongan yang tepat. Cara memotong merupakan salah satu penyebab hilangnya nutrisi dalam sayuran. Pastikan kamu mencuci sayuran terlebih dahulu baru memotongnya. Selain itu, hindari untuk memotong sayuran dan disimpan untuk digunakan nanti. Hindari juga menyimpan sayuran cincang terlalu lama. 
  2. Memperhatikan ukuran sayuran. Jangan memotong sayuran menjadi potongan yang sangat kecil.
  3. Masak makanan pada waktu yang tepat. Paparan panas yang lama terhadap sayuran akan menghilangkan nutrisi di dalamnya sehingga pilih waktu memasak yang tepat.
  4. Menggunakan takaran air yang sesuai. Takaran atau jumlah air yang ditambahkan ke dalam makanan juga memberikan pengaruh pada nilai gizi makanan sehingga hindari untuk menambahkan air yang terlalu banyak supaya nutrisi tidak larut dalam air rebusan. Memasak makanan dengan sedikit air dapat memberikan nilai gizi yang lebih baik. 
  5. Hindari memanaskan makanan karena dapat menyebabkan pengulangan paparan panas yang dapat mengganggu proses kimia makanan sehingga usahakan untuk memasak makanan di waktu yang tepat dan kamu tidak perlu menyimpannya karena makanan yang baru disiapkan merupakan cara terbaik untuk menerima semua nutrisi dari sayuran yang dimakan.

 

Share:
Location: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

0 comments:

Search Bar

Search This Blog

Featured Post

  Ilustrasi maskeran wajah @Shutterstock Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam produk kecantikan dan pe...

Continue reading

Translate